Jul 13, 2011

Tips jitu bikin bayi tidur pada waktu yang tepat

Berdasarkan pengalaman pribadi nih waktu awal-awal bayi dibawa pulang kerumah biasanya bayi susah untuk tidur pada waktu yang tepat, yang dimaksud waktu yang tepat adalah tidur panjang pada malam hari dan tidur dengan waktu pendek sekitar 30 menit hingga 1 jam pada siang hari. awalnya saya merasa kerepotan pada malam pertama bayi saya dirumah dia tidak mau tidur dan menangis terus bisa dibilang rewel sempat sik kaget dan berkata dalam hati “apa memeng kalau memiliki bayi harus dihadapkan dengan situasi seperti ini tiap malam?”ternyata setelah lewat 1 malam saya mulai belajar bagai mana menghadapi atau mengajarkan bayi tidur pada waktu yang tepat dan ternyata berhasil. Berikut Tipsnya :

Pertama : Tidur Siang yang teratur

Selain membiasakan atau memberi rutinitas kepada bayi untuk tidur pada waktu yang tepat dan kita juga harus memperhatikan lamanya tidur. Untuk aturan tidur siang ya gunakan waktu sebentar saja biasanya berdasarkan pengalaman bayi saya dia hanya tidur 30 menit sampai 1 jam dan tidur cukup panjang waktunya dilakukan dimalam hari. Coba pelajari berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi anda, dan Ingat jangan takut membangunkannya bila menurut anda ia sudah tidur terlalu lama pada siang atau malam hari.

Kedua: Buat Perbedaan Siang dan Malam.

Mengenalkan dan mengajarkan bayi perbedaan siang dan malam, membantu anda menciptakan rutinitas tidur yang baik. Buat siang hari yang terang, cerah, ramai dan menyenangkan buat bayi anda. Bahkan saat ia tidur siang jangan terlalu menjaga agar suasana rumah tenang. Agar bayi anda tau bahwa itu adalah siang hari dimana ia tidur sebentar sisanya untuk bermain dan berinteraksi dengan anda.

Sebaliknya dimalam hari, ciptakan suasana tenang dan hanya menyalakan lampu tidur.

Ketiga : Persiapan bayi untuk tidur

Berikut cara yang mungkin bisa membuat bayi anda tertidur dengan nyaman:

- Mandikan bayi anda dengan air hangat dan ajak main sebentar.

- Pakaikan bayi anda dengan baju tidur yang lembut dan tidak sempit (usahakan berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat)

- Beri ASI atau susu hangat kepada bayi anda sehingga dapat tidur dengan nyaman dan kenyang.

- Putarkan lagu atau nyayikan lagu pengantar tidur, seperti bayi saya selalu saya nyanyikan solawat pada saat bayi saya ingin tidur dan akhirnya lagu tersebut menjadi lagu paforit bayi saya kalau mau tidur.

Semoga tips dari saya dapat berguna untuk Ibu – ibu di Indonesia, tapi tiap ibu dan bayi berbeda-beda, jadi jangan frustrasi dulu jika rutinitas ini tidak berjalan sesuai harapan. Coba dan bersabarlah. Lakukan apa yang paling sesuai untuk Ibu dan bayi Ibu.

No comments: